Pengertian E-Commerce
E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah
penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui internet
atau jaringan komputer. Seluruh komponen yang ada dalam perdagangan
diaplikasikan ke dalam e-commerce seperti customer service, layanan produk,
cara pembayaran dan cara promosi. Perkembangan internet yang semakin maju
merupakan salah satu faktor pendorong berkembangnya e-commerce. Internet
merupakan salah satu jaringan global yang menghubungkan jaringan komputer
diseluruh dunia, sehingga memungkinkan terjalinnya komunikasi dan interaksi
antar satu perusahaan dengan konsumen.
- Menurut Loudon (1998) E-Commerce ialah suatu proses yang dilakukan konsumen dalam
membeli dan menjual berbagai produk secara elektronik dari
perusahaan ke perusahaan lain dengan menggunakan komputer sebagai
perantara transaksi bisnis yang dilakukan.
Permasalahan
E-Commerce
1.
Penipuan
dengan cara pencurian identitas dan membohongi
pelanggan.
2.
Hukum
yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini.
Selain dua hal diatas dalam e-commerce
waspadailah adanya cybercrime dengan pola phising atau pengelabuhan. Hal itu
terjadi, karena pelaku seringkali berada di luar kawasan Indonesia sehingga
keberadaannya sulit terdeteksi. Phishing merupakan salah satu bentuk cybercrime
berupa penipuan untuk mendapatkan informasi, seperti kata sandi atau password
kartu kredit. Kata tersebut diambil dari bahasa inggris fishing. Dimana dalam
konteks cybercrime, diartikan sebagai memancing informasi keuangan seseorang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar